Efek Negatif Punya Mantan (Bahaya Punya Mantan)

Efek Negatif Punya Mantan (Bahaya Punya Mantan)

Bismillahirohmanirohim, Assalamualaikum… Habis makan sahur di ramadhan yang ke-2 di Ramadhan 1434 H, datang inspirasi untuk ngetik sesuatu, yaitu “Bahayanya punya mantan”

Seorang mantan adalah hasil dari sebuah hubungan yang bernama PACARAN. Mantan pacar adalah seseorang yang sudah expired menjadi pacar, mantan biasanya selalu disalahkan ketika kita susah move on karena kita masih sering memikirkannya dan belum mendapatkan pengganti. Ini adalah efek buruk PACARAN. Pacaran dalam agama islam itu sudah barang tentu sesuatu hal yang dilarang, karena banyak terdapat zina. Seperti pegangan tangan misalnya. Namun begitu, banyak yang kurang mengindahkan efek buruk dari sebuah pacaran, dan biasanya akan menyesal dikemudian hari.

Ada sebuah perkataan dari seorang teman saya ketika masih SMA, kurang lebih seperti ini yang dia katakan: “kata guru di sekolah saya, masa muda itu haru dinikmati dan harus bisa memiliki banyak mantan supaya bisa dijadikan cadangan ketika kita susah mendapatkan jodoh seperti yang kita inginkan”. Sudah barang tentu mantan pacar disematkan pada pada dua insan yang sudah mengakhiri hubungan pacaran. Jika dia mantan pacar, maka kita juga mantan pacar.

Dilain waktu saya pernah membaca sebuah tweet yang cukup membuatku tersadar, kurang lebih seperti ini: “mantan adalah jodoh orang lain yang secara tidak sengaja telah kita nikmati, apakah kamu mau jodohmu sudah dinikmati orang lain?”

Tentunya setiap manusia di Dunia ini menginginkan pasangan hidup yang sesuai dengan keinginannya supaya sisa hidupnya dihabiskan dengan orang yang ia cintai. Tapi bukan berarti dalam mencari pasangan yang sesuai, kita harus mencoba satu demi satu yang efeknya juga akan berakibat negatif pada diri kita. seperti menjadi seorang mantan, mantan pacar diibaratkan sebuah produk yang sudah tidak lagi bersegel, sehingga harganya lebih murah dibandingkan produk yang masih bersegel karena sudah pernah ada yang mencoba membeli namun setelah produk dipegang-pegang akhirnya tidak jadi dibeli. Saya yakin kita semua ingin mendapatkan jodoh yang masih disegel dan tidak ada sidik jari dari lawan jenis, maka kita juga harus menghindari sidik jari lawan jenis menghampiri diri kita yaitu dengan tidak melakukan pacaran.

Berikut ini ada beberapa efek negative jika kita mempunyai seorang mantan pacar, sekali lagi mantan pacar adalah hasil dari hubungan illegal yang bernama pacaran dan tentunya tidak akan ada yang namanya makhluk mantan pacar jika kita tidak coba-coba untuk pacaran:

–          Kita tidak bisa move on karena masih memikirkan mantan

–          Bagaimana tidak hancur perasaan kita saat mendapat info dan bahkan mendapat undangan pernikahan dari sang mantan pacar, itu kalo kita punya satu mantan pacar. Bagaimana kalo kita punya banyak mantan pacar?

–          Saat kita menikah, tentu kita tidak enak dengan pasangan kita jika mengundang mantan kita

–          Kita masih ingat kenangan dengan mantan pacar walau keadaan kita sekarang sudah menikah

–          Saat kita sudah menikah, kadang kita masih ingat moment saat bersama mantan waktu pacaran dulu. Dan itu sangat membahayakan hubungan rumah tangga masing-masing pihak.

–          “mantan adalah jodoh orang lain yang secara tidak sengaja telah kita nikmati, apakah kamu mau jodohmu juga sudah dinikmati orang lain?” – saya yakin kita semua tidak mau mendapatkan jodoh yang sudah dinikmati oleh orang lain, begitupun dengan jodoh kita nanti. Ia tidak mau mendapat seseorang yang sudah dinikmati oleh orang lain. Jadi jangan menikmati sesuatu yang belum HALAL untuk kita nikmati, karena itu belum SAH milik kita.

Mungkin itu hasil ketikan setelah habis sahur, tak terasa adzan shubuh sudah berkumandang… mari kita melaksanakan sholat shubuh J selamat menjalankan ibadah puasa hari ini (2 Ramadhan 1434 H) semoga kita semua menjadi pribadi yang lebh baik…

mungkin akan ada tambahan dari teman-teman pembaca, karena tentu pengalaman setiap orang berbeda. sangat bermanfaat jika saling mengingatkan dan saling share pengalaman🙂

Wassalamualaikum….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s