“Rajin Pangkal Pandai, Sedekah Pangkal Kaya”

“Rajin Pangkal Pandai, Sedekah Pangkal Kaya”

“Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya”

Kita sudah familiar dengan pribahasa yang satu ini, bahkan semenjak kita duduk di bangku Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar. Secara logika (otak kiri) tidak ada yg salah dengan pribahasa ini. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengetahuan yang saya dapat dari lingkungan atau dari buku yang saya baca, pribahasa diatas kurang cocok dengan pemikiran saya sekarang. Mungkin saya setuju dengan perkataan mas Ippho Santosa dalam bukunya 7 Keajaiban Rezeki yang mengubah pribahasa “Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” menjadi “Rajin pangkal pandai, Sedekah pangkal kaya”. kenapa sedekah? karena sedekah adalah salah satu bentuk syukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, baik itu kecukupan rezeki, kesehatan, keluangan waktu, dan nikmat-nikmat Allah yang lain. lalu, kenapa saya setuju? tentunya ada beberapa alasan yang membuat saya sangat setuju dengan pengubahan pribahasa tersebut, yang paling nyata adalah dari Al-Quran Surat Ibrahim ayat 7. 

“Dan (ingatlah) tatakala Tuhan kamu memberitahu: “Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur nescaya Aku akan tambahi nikmatKu kepada kamu, dan demi sesungguhnya, jika kamu kufur ingkar sesungguhnya azabKu amatlah keras”

itu janji Allah dalam Al-Quran dan Allah adalah Dzat yang maha menepati janji…

“Rajin Pangkal Pandai, Sedekah Pangkal Kaya” 
sudah jelaskan bahwasannya dengan sedekah kita akan menjadi kaya🙂

Namun terkadang kita hanya memasukan pahlawan Patimura ke kotak Masjid, sedangkan Soekarno-Hatta masih rapih di dalam ATM… *Ini adalah koreksi utk saya pribadi, inspirasi dari buku 7 Keajaiban Rezeki @Ipphoright

Leave a Reply

