KARANG TARUNA 2014 – 2019

KARANG TARUNA 2014 – 2019

Karang taruna, yaaap karang taruna merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang berada ditingkat pemerintah desa atau kelurahan…

awal cerita, waktu itu sekitar bulan Februari 2013 aku diajak seorang teman untuk mengumpulkan pemuda (kalo bisa yang lulusan SMA keatas) untuk mengagas karang taruna yang baru. ‘loh koq baru?’ ya baru, karena karang taruna kepengurusan yang dulu tidak ada gaung suaranya, namun anggaran tetap turun. ‘looh koq bisa?’ yaaap bisa, karena tidak pernah di audit dan hanya memberikan LPJ fiktif. Nampaknya kepala desa yang sekarang sudah ‘berang’ dengan aparat-aparat desa yang diwariskan oleh kepala desa yang terdahulu. seperti Karang taruna yang vakum kini mulai di gerakkan kembali oleh pemuda-pemuda ‘pendatang baru’.

Dan kami, seperti menghidupkan kembali api obor yang telah lama mati. Seperti ‘babad alas sampai ke akarnya’. Kita seperti memulai karang taruna yang baru karena ke vakuman pengurus yang lama…

‘apa sih bedanya karang taruna dengan organisasi / himpunan kemahasiswaan dikampus?’ mungkin bagi mahasiswa atau mahasiswa yang sudah lulus dan dulunya pernah aktif di himpunan dan sekarang jadi pengurus karang taruna akan sangat merasakan perbedaannya.

Yang pasti, iklim organisasinya sangat berbeda. Karena anggota dan pengurus karang taruna terdiri dari orang-orang dengan prodesi berbeda, mereka seperti relawan yang bersedia meluangkan waktunya untuk masyarakat.

download:

Peraturan Kementrian Sosial tentang Karang Taruna Nasional

 

Heeuuh.. pikiran sudah mulai mumeet.

Salam dari kami, memulai perubahan.

Karang Taruna Tunas Harapan

Desa Kongsijaya, Kec. Widasari – Indramayu

Masa Bhakti 2014 – 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s