Cara merawat printer dengan menggunakan ‘maintenance’

Cara merawat printer dengan menggunakan ‘maintenance’

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana merawat printer dengan ‘maintenance’

Printer sebaiknya harus sering digunakan, karena jika lama tidak digunakan maka cartridge akan kering dan print head akan rusak, gunakanlah printer setiap hari walo nge print sesuatu yang nggak penting, hal ini supaya kinerja printer tetap terjaga dan supaya tidak terjadi turun mesin (emang motor ya?) hehehee

Ya intinya sama seperti sepeda motor, digunakan atau tidak digunakan motor harus selalu dipanasin (bukan di goreng loh yaaa J) supaya mesin tetap normal…

Berikut cara atau langkah menuju ‘maintenance’ printer dengan menggunakan menu yang sudah tersedia:

  1. Buka Microsoft word
  2. Masuk ke menu print (ctrl + p)
  3. Masuk ke properties

 Image

 

4. Lalu pilih maintenance

 Image

 

5. Di dalam maintenance akan ditemu beberapa menu.

 Image

 

Berikut adalah menu dan fungsinya:

  • Cleaning :Cleaning dimaksudkan untuk membersihkan plat semprot dengan cara men-“nyikat” plat semprot secara mekanis oleh karet bergerigi di dalam printer (umumnya ada di sebelah pojok kanan). Jadi hanya untuk menyapu kotoran yang terselip pada plat semprot saja.
  • Deep cleaning :Bedanya deep cleaning adalah 2 kali cleaning, yang berarti pula konsumsi tinta adalah 2 kalinya cleaning. Hati-hati jika menggunakan menu ini karena tanpa terasa tinta akan cepat habis.
  • Print head alignment :untuk mencari nozzle terbaik dari sebuah print head. Jika kita tidak melakukan ini biasanya saat kita mencetak garis akan terlihat patah-patah atau bengkok. Atau jika kita cetak foto, komposisi warnanya seperti bergeser.
  • Nozzle check :digunakan jika kita ingin mengetahui apakah nozzle print head sudah ada yang cacat apa belum. Jika menu tersebut kita eksekusi maka printer akan mencetak kotak-kotak pattern. Jika kotak-kotak tidak lengkap atau bengkok atau blok warna bergaris putih itu menandakan nozzle ada yang cacat.
  • Bottom plate cleaning :digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas tersebut.
  • Roller cleaning :digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas .

 

Itulah cara merawat printer dengan menggunakan maintenance, semoga bermanfaat😀

6 thoughts on “Cara merawat printer dengan menggunakan ‘maintenance’

  1. Terimakasih sangat membantu.
    Ada yg mau aku tanyakan,jd aku kan punya printeran kebetulan dr pertama beli smpe hr ini jrang di pake .udh hampir 3 Bulan aku punya printeran ini, malam ini aku mau ngeprint, tp di lembar ke 10 tinta udah mau habis. Padahal aku jarang sekali pake. Apa ini di karenakan tinta kering?

  2. iya betul, makanya dianjurkan ada aktivitas printer minimal 1 minggu 1 x print, walopun print yg ga penting

  3. boleh tanya,, print propertis di ms 2013 gmn ya?? kok gak ada??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s