Perbedaan Silica Gel Putih dan Biru serta Bahan Yang Digunakan

Perbedaan Silica Gel Putih dan Biru serta Bahan Yang Digunakan

21150055_726195964243779_5086304327485401119_n

 

Silica Gel merupakan produk yang mampu menyerap kelembapan udara dengan system absorbs (air masuk ke dalam pori-pori yanga da pada silica). Silica gel masih menjadi pilihan utama bagi beberapa perusahaan industri untuk mengatasi kelembapan.

Sebagian industry masih banyak memilih silica gel sebagai penyerap kelembapan karena silica gel mampu bertahan cukup lama yaitu sekitar 6 bulan dengan suhu sedang.

Sedangkan produk lain seperti quicklime, desiccant meskipun keduanya memiliki daya serap lebih tinggi namun kedua produk tersebut memiliki jangka waktu lebih rendah dari pada silica gel, yaitu hanya mampu bertahan selama 3 bulan saja.

# Bahan yang Digunakan untuk Membuat Silica Gel Putih

Silica gel putih sangat efektif jika digunakan pada keadaan humidity yang rendah dengan daya penyerapan 30-40%. Kandungan SiO2 mencapai 98%. Selain itu silica gel juga aman untuk digunakan, karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Tidak bersifat korosif dan tidak berbahaya .

Bahan yang digunakan dalam pembuatan silica gel adalah sodium silicate solution, ada pun properties dari silica itu sendiri memiliki:

  • Surface area : 600 – 800 m2/gr
  • Avarege Pore diameter : 5 – 3000A
  • Stabil terhadap suhu panas ( T<700oC)
  • Stabil tidak mudah untuk bereaksi dengan senyawa kimia lainnya.
  • Tidak korosif
  • Tidak mengandung racun
  • Dapat didaur ulang dengan cara dijemur
  • Ketika  diaktivasi silica gel tidak mengalami perubahan bentuk.
  • Jika ikatan Si semakin banyak, maka pori-pori dari silica gel akan semakin banyak pula.

Secara umum silica gel yang beredar di masyarakat pada saat ini ialah

Silica Aktivasi (Quicklime)
zat active bahan dasar dari silica ini ialah:

Kalsium oksida adalah biji kalsium karbonat alam yang memiliki warna putih dan diproses menggunakan pemanas dengan suhu tinggi (calcinasi) yaitu lebih dari 700 derajad celcius.

Hasil akhir dari pembakaran ini akan menyisakan kadar Ca yang cukup tinggi sehingga memiliki unsure kimia Cao. Bentuk fisik dari calcium oksida adalah padat, warnanya putih agak kekuning-kuningan dan padat pada suhu ruangan.

Untuk mempertahankan struktur kimia yang terkandung di dalamnya maka kalsium oksida sebaiknya disimpan pada udara kering dan dikemas dalam wadah kedap udara.

Karakter:

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kalsium oksida atau kapur terdiri dari Cao, yang memiliki daya serap cukup tinggi sekitar 35-45% dari berat awal pada suhu tinggi maupun rendah, menyerap kelembapan dengan reaksi kimia.

# Silica Gel Berwarna Biru

Apa yang menjadi perbedaan antara silica gel putih dan silica gel biru adalah:

Self indicating silica gel atau indicator dari masing-masing silica gel. Silica gel warna biru merupakan silica gel dengan cobalt chloride sebagai indicator.

Secara khusus silica gel biru akan memberikan indikasi khusus yang tampak. Yaitu ia akan berubah warna dari biru menjadi warna merah muda (pink).

Penggunaan silica gel warna biru lebih dibatasi dari pada silica gel berwarna putih. Dikarenakan keberadaan cobalt chloride sebagai zat aditifnya, oleh karena itu silica gel warna biru tidak diperbolehkan untuk digunakan pada makanan, obat-obatan atau semua produk yang dikonsumsi manusia.

Silica gel warna biru banyak digunakan pada industry mesin dan elektrik terutama sering digunakan pada kompresor, blower, panel listrik untuk menghindari kelembapan.

Cobalt chloride memiliki sifat carsinogenik sehingga dalam jangka waktu tertentu dapat mengakibatkan kanker jika terkena dampaknya.

Cara Penggunaanya

  1. Obat-obatan

Silica yang banyak digunakan industry farmasi ialah silica gel kemasan kecil satu dan dua gram yaitu untuk melindungi kaplet dan kapsul yang dikemas dalam wadah botol plastic. Jenis yang digunakan adalah silica gel warna putih dan silica natural.

  1. Digunakan untuk Makanan

Pada industry makanan banyak yang menggunakan silica gel kemasan satu sampai lima gram. Biasanya untuk kue kering, snack yang pemasaranya menggunakan wadah plastic atau kemasan toples plastic. Jenis silica gel yang digunakan adalah silica gel putih dan quicklime.

  1. Silica Gel untuk Garmen, Sepatu dan lainya

Yang biasa digunakan adalah ukuran silica natural, silica gel biru dan putih. Dengan ukuran antara 1,2,3,4,5 gram.